Rabu, 06 Februari 2013

supra x punya gigi 6 speed , chek this out

Bukan suatu yang aneh jika tunggangan balap liar sarat dengan trik. Cara smart mencari celah kelemahan motor lawan. Apalagi regulasi motor balap liar itu buram alias nggak jelas seperi balap resmi. Semua motor bisa gas pol.., rem pol...

“Yang penting jenis motor sama atau masih dalam satu varian. Selain itu, tampilan motor harus dominan standar. Tapi balap ini nggak menutup kemungkinan adu beda varian dan tergantung gimana kesepakatannya,” buka Robby Bontot mekanik Bontot Motor Sport di Jl. Amal, No. 37,
Pondok Bambu, Jakarta Timur

Makanya biar bisa tarung dengan motor sejenis atau beda varian, Bontot melakukan trik yang bisa dikatakan fenomenal. Pasalnya tuner motor drag resmi ini sukses menggarap Honda Supra X 100 jadi 6 speed atau 2 gigi lebih banyak dari standarnya. Fantastis.

Kenapa fantastis, lantaran kebanyakan mekanik baru bisa melakukan ubahan ini hanya sampai pada tahap 5 speed atau naik 1 gigi. Sementara motor berkapasitas silinder murni 97 cc itu masih bisa tambah 2 gigi lagi. Bagaimana dengan crankcase dan silinder. Apakah alami ubahan yang ekstreme?
Diakui Bontot kalau Supra X milik Ronny Ambon memang banyak alami ubahan. Sebab menurutnya, mana mungkin ada penambahan gigi girboks tapi tidak diimbangi pembesaran di ruang crankcase. Mau taruh dimana lagi 2 gir rasio tambahannya.

Hanya saja ubahan kali ini tak sekadar atur ulang lubang dudukan ke-2 poros pegangan gigi rasio. Tapi dengan susunan gigi rasio lebih banyak dan panjang, maka ruang bak mesin diperbesar dengan cara menambah paking aluminium setebal 3 mm di antara blok tengah.

Otomatis tebal paking yang memperluas ruang bak mesin memudahkan Bontot menyusun masing-masing perbandingan gigi. Mulai dari gigi 1 sampai 6 hasil comotan dari masing-masing merek, kemudian disusun di  dalam as girboks yang tak mau disebut mereknya itu
“Pokoknya semua pakai perbandingan gigi lebih ringan. Dimulai dari gir primer-sekunder dengan perbandingan (17/67). Lalu gigi satu rasionya (14/47), 2 (17/33), 3 (24/28), 4 (25/24), 5 (23/26) dan gigi ke 6 (25/25),” imbuh mekanik yang memulai karirnya dari joki motor drag bike.

Lalu sebagai penyeimbang ubahan di bak girboks, Bontot juga mengatur ulang posisi batang stut kopling agak pendek lantaran rumah kopling makin maju ke bak mesin.

Dan selain mengatur ulang posisi baut pengangan mesin di rangka, doi juga bilang kalau crankcase sebelah kanan itu comot dari motor Cina (Mona). Lantaran pompa oli jadi satu alias enggak terpisah seperti punya Supra X yang batang pompa olinya melintang di lubang setang piston.

Pantas bisa diisi gigi 6 speed. Dan keuntungannya setelah ruang bak girboks lega, volume silinder bisa dibore up lebih gede lagi dan nggak cuma mentok pakai piston Kawak Kaze.

Maksudnya, sekarang ini pakai silinder blok dan head Yamaha Jupiter-Z. Sedang piston pakai punya Tiger 2000 oversize 200 diameter 65,5mm di setang piston Kawak ZX130. Stroke naik 5 mm setelah adopsi kruk-as Honda Karisma.

“Cuma posisi baut pegangan mesin mesti diatur ulang, terutama ke-4 lubang ulirnya. Dan yang paling banyak digeser adalah jarak baut ke atas. Karena tidak diganjal paking seperti blok tengah,” lanjut Bontot sambil jelasin kalau kaki piston Tiger mesti dipotong biar nggak mentok ke setang piston.

10 komentar:

  1. buat bengkelnya. bisa gk ane pesen set 6 giginya bwt supra 100 ? thanks,,,

    BalasHapus
  2. Hebat bgt tu si bontot seriuos bisa ko gak di posting gambar rangkaian geer rasio speed6 dan katanya pake head silinder yamaha jupiter z bisa gitu dari krengkes honda ke blok cilinder n head yamaha jupiter terus kemana saluran oli untuk ke silinder headnya ngarang gak masuk di akal ente kenapa gak sekalian pasang dari crankes honda pake blok scorpio masuk apa kaga tu semua merk udh di disain sesuai ukuran part yang sudah di tentukan kalo beda gitu dimana susunan baut bloknya apakah pas?, apakah top kompresinya pas?, apakh sproket ketengnya pas?, apakah suplay lubang olinya pas?, coba ente posting mesin buatan ente

    BalasHapus
  3. Bisa aja bray namanya juga modifikasi, kalo nurutin apa adanya ya jelas ga bisa lah dimasukin pake merk lain. Ini kan diubah dibubut sana sini bikin jalur oli baru dll. Bikin jadi 5 silinder aja bisa apalagi kalo cuma boreup sama nambah gigi.

    BalasHapus
  4. Betul tuh bro di dunia ini gk ada yg gk mungking selama mau berusaha.
    Rx king aja bisa pakai blok kop satria f 150.
    Gak masuk akal kn engine 2 stroke pakai blok kop 4 stroke !
    Tapi itu nyata bro dan ada bukti.
    Tengoklah di youtube rx king pakai blok kop 4 stroke...

    BalasHapus
  5. Mesin buatan manusia sudah pasti bisa dimodifikasi seperti apa yang diinginkan sama pemilik. Gak ada yang mustahil selama itu buatan manusia. Karena manusia diberi akal sama sang pencipta untuk berpikir.

    BalasHapus
  6. Jika mau ngirim mesin buat garapan packetan alamat keana noh

    BalasHapus
  7. Saran dong ane pgn mx old ane dibikin 6speed😆

    BalasHapus
  8. Ratio nya bikin ngakak :v 😁😁😁😅😂 , gear 4 udah overdrive, kok gear 6 malah 1:1 lagi. Kan konyol... ini artikel ngibul apa gimana sih saya nanya.... banyak kebodohan tertulis disini 😁

    BalasHapus
  9. Tolong diralatlah urutan rasionya, walaupun sekedar tulisan!, biar enak dicerna.

    BalasHapus
  10. Apakabarnya para pembuat artikel di zamanya,,, dah tua pasti😁

    BalasHapus